Jumat, 15 Januari 2016

Menyongsong Perubahan

No one knows you better than you know yourself. So, don’t allow anyone to change your energy. Don’t waste your time or your life on people who put you down. 
Mengenal diri sendiri bukan sebuah hal yang sederhanaTidak semua orang dapat mengenal dirinya sendiri dengan jelas. Sehingga sulit dilakukan perubahan jika kita tidak tau apa yang harus diubah, mengapa harus diubah, dan bagaimana hasilnya setelah melakukan perubahan diri. Karena hal itulah, maka perubahan diri dimulai dari mengenal diri sendiri. Mengenal diri sendiri diperlukan agar kita dapat mengetahui bagaimana yang terbaik untuk diri kita. Setiap individu memiliki cara-cara yang berbeda untuk mengenal diri sendiri, diantaranya dapat berupa mengetahui kekurangan serta kelebihan diri sendiri sehingga akan terbentuk suatu keyakinan mengenai diri sendiri dan dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki dengan maksimal, maupun bisa juga dengan cara mengetahui apa keinginan dari diri sendiri atau juga dengan cara introspeksi diri.
Berikut langkah-langkah pribadi  yang bisa kita lakukan dalam menyongsong perubahan diri :
1. Seperti pernyataan gue diatas, pertama kita akan mengenali terlebih dahulu bagaimana diri kita, bagaimana kah sifat kita sekarang dan bagaimanakah prilaku kita sekarang, jika kita merasa sifat dan prilaku kita selama ini masih kurang baik . Maka kita akan merubahnya perlahan agar semua orang tidak menjauhi kita. Karena pepatah mengatakan kita tidak akan pernah sampai pada anak tangga ke lima jika kita tidak melangkah pada anak tangga pertama.
2. Berpikir positif dan berusaha dengan niat yang sungguh-sungguh, karena yakinlah perubahan itu pasti adanya. Karena di dalam Alquran pun sudah didalilkan seperti yang sudah kita semua sering dengar " Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa yang ada pada diri mereka " . Maka, berusahalah sekuat apa yang kita masih mampu karena segala sesuatunya tidaklah mungkin langsung turun dari langit melainkan dari hasil kerja keras kita dan dan atas pertolongan Allah melalui doa yang kita panjatkan.
3. Jadikan masa lalu bukan menjadi sesuatu hal yang harus disesali, Jangan pernah sekali-sekali kita menyesali sebuah masa lalu dalam perjalanan hidup kita, karena semua itu hanya akan membuat kita semakin terpuruk. Ambil saja sisi positif nya dan ambil hikmahNya untuk kita menjalani hidup-hidup kedepan. Seperti jangan mengulangi kesalahan yang sama dalam berkali-kali di hidup kita . Jadilah orang yang Thinking Smart, jangan menjadi orang bodoh yang tidak bisa memetik pelajaran dari kisah masa lalu. Percayalah masa lalu terkadang menyakitkan namun jika kita bisa mengambil sebuah pelajaran dari situ, Masa depan kita pasti akan merasa jauh lebih baik karna kita bisa menyadari kesalahan-kesalahan pada masa silam yang tidak kita lakukan lagi pada masa sekarang. Nikmati saja proses dalam hidup kita ini. Semoga kita bisa menjadi seorang manusia yang jauh lebih baik lagi dan menemukan yang terbaik itu. Aamiin :)

Be Your Best Self :)
Artikel ini adalah versi pribadi dan masih banyak lagi tips-tips menyongsong perubahan menurut para ahli :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar