Selasa, 30 Agustus 2016

Petualangan Spektakuler Geopark Ciletuh

Kali ini gue mau cerita petualangan yang menurut gue itu amazing banget dan sangat ga bisa diprediksi sebelumnya, bermodalkan keberanian dan uang secukupnya dan kebetulan juga gue baru selesai dari kepenatan dikampus yang terkadang bikin cemburu juga liat temen-temen yang bisa liburan lebih dulu karena sebenernya bulan Agustus kampus gue itu libur tapi gue lebih memilih ikut Semester Pendek supaya beban mata kuliah di semester akhir nanti berkurang. Dan pada akhirnya eng ing engggggggg…

Ada celah juga buat refreshing sebelum minggu depannya langsung masuk kuliah lagi kaya biasa dan gue udah semester 7 loh, Gak nyangka tinggal sebentar lagi punya gelar dan berharap dipermudah sampai akhir nanti. Aamiin..

Sebenernya sempet bingung juga, mau kemana nih? Waktu udah mepet mau pesen kereta kemana-mana juga udah abis dan sempet juga debat sama partner liburan hahaha . Pertama kita sempet mau ke Semarang tapi rasanya juga ga memungkinkan kalau gue sama temen gue itu (kita) kesana naik bis. Ke dieng pun kurang seru karena festivalnya udah lewat.. Dan pada akhirnya, kita pun sepakat buat menjelajah kota Sukabumi oke Ujung Sukabumi tepatnya yang bernama Geopark Ciletuh di Desa TamanJaya, Ciemas Sukabumi.

Setelah browsing sana-sini tentang Geopark Ciletuh ternyata lebih banyak yang memilih memakai paket wisata karena objek wisata yang satu dengan yang lainnya itu lumayan sulit dijangkau angkutan umum, tapi berhubung patner liburan gue ini termasuk orang yang spektakuler maklum udah sering naik turun gunung sana-sini (pasti dia kalau baca cengar- cengir nih) jadi gue beranikan diri ngajak dia ke Geopark untuk ngeteng..teng..teng.. alias bener2 ga ikut open trip ataupun paket wisata yang sangat terbatas oleh waktu dan terikat . Jadi lumayan lah buat referensi kalian yang mau coba ke Geopark Ciletuh tanpa paket wisata, dijamin rasanya sangat jauh berbeda ketika kalian liburan dengan open trip dengan ngeteng tanpa sewa mobil tapi gonta-ganti angkot sambil menikmati perjalanan dan pastinya pengalamannya juga berbeda terutama buat menguji mental diri kita.Gue bakal jelasin mulai dari rute, budget , waktu perjalanan kesana dan masih banyak lagi daripada penasaran yuk lanjut baca lagi siapin juga pisang goreng sama teh manis buat nemenin baca blog gue ini ehehe..
Petualangan di mulai tanggal 26 Agustus 2016 pukul 22.00 dan berakhir tanggal 28 Agustus 2016 pukul 23.30.

Hari Pertama – 26 Agustus 2016

Gue dan partner liburan gue itu sebut saja Avrizal (memang nama sebenarnya) janjian di Stasiun Kalibata karena doi harus masih kerja sampe jam 20.30 jadi tidak memungkinkan untuk jemput gue dulu akhirnya kita sepakat buat Meeting Point aja di stasiun Kalibata selambat-lambatnya jam 22.00 buat melanjutkan perjalanan ke Bogor. Sebelum berangkatnya kita re-packing dulu dan yang pasti berdoa dalam hati agar perjalanan kita nantinya bakalan berjalan lancar secara Cuma modal nekat doang tapi tampang tetep kalem biar kita berdua saling percaya masing-masing #apasih. Lanjut perjalanan ke Bogor dengan menggunakan KRL sesampainya di bogor kita harus ke Terminal BarangSiang dengan menggunakan angkotan kota bogor bernomor 03 supaya kalian tidak nyasar dan salah naik angkot gue kasih tau naiknya dari depan stasiun bogor yaa jadi gak perlu nyebrang lagi. Terus dari Terminal BarangSiang kita naik Elf tujuan Sukabumi, orang – orang menyebutnya L 300 itu 24 jam jadi cukup aman buat kalian yang ingin ngetrip tapi harus berangkat malem-malem kaya kita gini ehehe naik L 300 cukup menegangkan euy tapi lumayan cepat karena supirnya jago selap-selip walau agak bikin jantung rasanya mau copot sih setelah kurang lebih 2 jam sampailah kita ke Kota Sukabumi karena kita sampai sana jam 02.00 pagi jadi ga ada angkot buat ke Terminal LemburSitu jadi kita memutuskan untuk naik ojek ke LemburSitu, Setelah itu kita nyambung mobil Elf lagi jurusan Surade. Disini kita jangan pasang tampang muka bingung ya supaya ga mudah dibohongin sama calo-calo disana, secara kita ga bisa bedain mana calo dan mana yang supirnya ehehe.. Karena perjalanan lumayan lama jadi kita memutuskan untuk tidur di Elf menuju Surade tersebut .

Ringkasan
Stasiun Kalibata – Bogor
Stasiun Bogor- Terminal Barang Siang
Barang Siang – Sukabumi
Sukabumi – Terminal Lembur Situ
Lembur Situ - Surade

Hari Kedua – 27 Agustus 2016

Dan pada akhirnya setelah bermalam di Elf sampailah kita di Desa Surade, Saat berniat kesana kita sama sekali belum sewa homestay loh atau kendaraan yang akan dipakai buat menjelajah Geopark Ciletuh semuanya serba On The Spot ehehe tapi kalau buat budget kita udah prepare semua sebelum keberangkatan tapi ya gitu semua masih pake angka estimasi yang kemungkinan bakal beda sama realisasinya, tapi mungkin Keberuntungan memang berpihak sama kita berdua (gue sih ngerasanya gitu). Setelah kita Tanya sama supir Elf yang semalem ternyata kita harus nyambung lagi buat ke Geopark, kita harus ke TamanJaya. TamanJaya merupakan sebuah desa yang disana terdapat basecamp PAPSI (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi).  Saran gue kalau kalian mau ke Geopark memang harus ke Basecamp PAPSI dulu buat registrasi jadi kalau ada apa-apa mereka bisa bantu kita, disana kita ketemu Pak Poyo dan Pak Jaya yang orangnya sangat helpful banget. Lagi-lagi merasa beruntung ternyata kita bisa menyewa motor di Basecamp PAPSI sebenernya sih memang ga ada penyewaan resmi mungkin kesukarelaan mereka aja untuk bantu kita jadi dapatlah kita kendaraan buat menjelajah Geopark dengan harga yang relative standar bagi kita, tapi sayang motor ini Cuma bisa disewa buat hari ini aja sedangkan besoknya kita masih harus menjelajah lagi. Hmm, tapi ga perlu khawatir gue bakalan ceritain lagi nanti keberuntungan apa yang kita dapat ehehe. Oh iya masalah homestay kita juga beruntung sebab kita sempat ditawarin homestay tapi harganya lumayan mahal kalau Cuma untuk berdua. Pak Jaya menawarkan kita menginap dirumahnya bersama keluarga mereka yang tentunya dengan biaya yang jauh lebih murah dari homestay biasanya . Dan dirumahnya juga lumayan seru karena ada 3 anak kecil yang masih lucu-lucu buat hiburan kita biar ga sepi-sepi banget. Sampai dirumah Pak Jaya sebelum kita berangkat ke objek wisata kita disuruh makan dulu dan Pak Jaya bener-bener helpfull banget dia sampe gambarin denah buat ke objek wisata agar kita tidak nyasar dan dapat semua objek yang kita inginkan dalam satu hari tersebut. Meskipun pada akhirnya ketika di tengah perjalanan saat kita ingin melihat denah tersebut ternyata tidak terbawa. Oke, Bismillah aja ga nyasar ehehe.. Karena malu bertanya sesat dijalan. Tapi treknya mudah kok tinggal lurus aja nanti bakalan ada petunjuk arah buat ke objek wisata tersebut.

Petualangan di Mulai..

-          Curug Awang
-          Panenjoan

Curug Cikanteh – Curug Sodong

Dua Curug ini terdapat dalam satu lokasi, Jadi satu parkiran gitu didepan parkiran kita bisa langsung melihat keindahan alam Curug Sodong yang begitu menyegarkan mata dan hati tapi pesen Pak Jaya lebih baik kita menyusuri Curug Cikanteh dulu yang berada diatasnya butuh waktu sekitar 15 menitlah buat jalan ke Curug Cikanteh. Dan bener ga nyesel asli Indah banget rasanya mau mandi aja itu di Curug Cikanteh tapi sayang ga bawa baju ganti jadi Cuma bisa menciprati diri aja didekat air curug tersebut setelah puas akhirnya kita keluar sambil menikmati keindahan Curug Sodong. Disini Cuma bayar parkir aja 2 kali @Rp.5.000,- dan kalau mau istirahat sebentar disana ada warung buat jajan yang seger-seger kaya jasjus dan sebagainya, Jangan lupa shalat juga yaa!

*Curug Cikanteh

*Curug Sodong

Pantai Palangpang

Setelah itu kita lanjut lagi buat ke Pantai Palangpang, ga sulit buat kesini karena memang sudah ada petunjuknya dan mengingat-ingat denah dari Pak Jaya yang tertinggal itu. Kalau menurut gue sih ini pantai biasa aja tapi disana ada Icon tulisan “Geopark Ciletuh” yang lumayan lah buat foto-foto sebagai bukti kalau kita berada di Geopark Ciletuh setelah puas foto-foto, Akhirnya kita lebih memilih duduk dimotor sambil melihat laut dan saling bercerita tentang diri masing-masing pokoknya Quality Time banget buat kita, Thanks Izal, karena berada disana bersama orang hebat seperti dia adalah pengalaman yang gak akan terlupakan.

Puncak Darma

Setelah dari Pantai, kita lanjut ke Puncak Darma dan lucunya sebenernya dari Pantai Palangpang ke Puncak Darma itu deket banget tapi karena kita pas awal ke patok sama plang petunjuk akhirnya kita nyasar haha dan kalian tau kita nyasar kemana kita nyasar ke sawah-sawah yang jalanannya itu kecil banget kalau oleng dikit bisa-bisa kita kecebur deh ke sawah dan yang bikin teriang-iang juga adalah ketika disawah itu kan jalanannya belok banget karena kita takut jatuh terpaksa deh gue disuruh turun dari motor buat jalan kaki sebentar sampe jalanannya aman . Ngeselin ih yaaa tapi ini Spektakuler banget sih menurut gue pribadi dan  sebenernya juga kita harus ke Curug Cimarinjung dulu tapi kita memutuskan buat ga kesana, karena untuk kepuncak darma butuh waktu 40 menit jalan kaki sampai puncak. 40 menit jangan anggap remeh loh. Karena treknya bener-bener nanjak terus dan berbatu dan bonusnya juga dikit jadi bakalan cukup menguras tenaga dan lumayan buat latihan fisik sebelum kita nanjak ke Ciremai minggu depannya. Sebenernya buat sampai ke atas puncak ada kendaraan landrover dan kebanyakan pengunjung memang menggunakan kendaraan tersebut dan ada juga yang menawarkan ojek, tapi kita berdua sepakat untuk berjalan kaki aja itung-itung latihan fisik. Buat ke Puncak Darma, sebenernya Pak Jaya ga yakin kita bisa 40 menit sampai puncak karena waktu 40 menit itu untuk orang-orang yang sudah terbiasa naik turun ke sana seperti Pak Jaya dan mungkin warga sekitar situ. Akhirnya kita berniat untuk menghitung waktu naik kita seberapa lama apakah bisa seperti Pak Jaya atau lebih lama seperti yang diperkirakan Pak Jaya karena kita belum pernah kesana. Dan Eng ing Engggggggggg.. kita ke puncak darma menempuh waktu 45 menit doang? Yuhuuuuuuuuuu, 5 menit lebih lama dari orang-orang yang udah biasa. Mantaaaaaab, dengan perjuangan cukup berat dan agak pusing dikit kita bisa mengimbangi waktu Pak Jaya.. ehehe..

Di Puncak Darma, sunsetmya bagus banget. Jadi kalau mau ke Puncak Darma kalau ga sunset ya sunrise.Nah buat turunnya lagi kalau memang cape kita bisa menebeng mobil yang barengan mau turun tipsnya adalah jadilah orang yang ramah dan sopan dimanapun, insyallah akan ada aja pertolongan disaat kita membutuhkan sesuatu. Walau sebenernya kita berniat untuk jalan kaki juga turunnya tapi pada saat itu kondisinya tidak memungkinkan karena hujan akhirnya kita memutuskan untuk menebeng mobil pajero milik rombongan lain… Sadis guys, bener-bener mengocok perut hahaha bikin kita ketawa ngakak bukan karena seneng tapi karena harus menahan diri agar tidak terpental dari mobil bersama 2 orang lainnya yang juga ikut menebeng.. Pokoknya Spektakuler bangeeeeeeet! Kalian harus kesinilah pokoknya. Dan sebelum kembali ke homestay kita memutuskan untuk makan diluar dulu agar tidak merepotkan orang rumah Pak Jaya. Kita makan nasi goreng di Pasar Ciwaru dan kita coba bikin moment yang romantic ala ala candle light dinner haha.. Karena sudah malam dan di pasar terbuka juga jadi kita menyalakan headlamp kita biar makin romantic sambil ngobrol-ngobrol sama penjual nasi gorengnya dan rasa nasi gorengnya enak banget. Kalau kesini lagi gue bakal makan nasi goreng ini lagi karena rasanya bintang lima guys ehehhe #Promosi. Setelah kenyang akhirnya kita kembali ke homestay dan mengembalikan motor pinjaman tersebut.

Hari Ketiga – 28 Agustus 2016

Curug Awang

Pada hari ketiga ini objek yang ingin kita kunjungi adalah Panenjoan dan Curug Awang. Kalau untuk ke Panenjoan tidak terlalu sulit karena terdapat tepat di depan basecamp PAPSI . Nah untuk ke Curug Awang ini kita perlu kendaraan, bingungkan gimana yaa? Nah seperti janji gue keberuntungan yang kita dapatkan adalah kita dipinjamkan motor milik Pak Jaya, Beruntung sekali dengan biaya homestay yang murah kita juga dipinjemin motor, Berangkatlah kita ke Curug Awang, tapi hati-hati  jalannya masih rusak banget jadi harus ektra penuh kesabaran buat yang mengendarai motornya. Kita kesana lebih awal karena menurut info Pak Jaya bakalan ada rombongan bikers yang akan ke Curug Awang juga dan jumlahnya ga nanggung-nanggung yaitu ratusan ehehe. Kebetulan saat kita kesana sedang ada Geopark Ciletuh Festival yang diadakan di Ujung Genteng. Perlu kalian tau festival tersebut baru pertama kali diadakan tahun ini semoga tahun-tahun berikutnya bisa ada lagi ya dan bisa semakin berkembang Geopark Ciletuh ini karena sepenglihatan kita berdua tempat ini masih belum terlalu ramai pengunjung dari luar kota jadi kita berasa beruntung jadi bisa sana-sini dengan bebas tanpa harus mengantri  Dan Curug Awang merupakan Curug Terindah dari curug yang selama ini sudah gue jelajahi. Asli keren banget!! Dan sangat cocok buat Quality Time .

Sekilas info tentang Geopark Ciletuh Festival

Festival ini bertujuan untuk menggugah dunia bahwa ada geopark yang alami untuk dikunjungi para wisatawan mancanegara. Selain itu, Ciletuh Geopark Festival merupakan bentuk komitmen Pemprov Jabar untuk memperjuangkan Ciletuh menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark Network, Desember 2017.
Bahkan, melalui gelaran Ciletuh Geopark Festival, Pemprov Jabar juga ingin mempromosikan keragaman warisan budaya, bumi dan hayati di kawasan Geopark Ciletuh sebagai destinasi pariwisata bertaraf internasional di Jawa Barat. Pemprov Jabar pun, terus mempersiapkan masyarakat setempat agar mampu dan siap mewujudkan Geopark Ciletuh sebagai destinasi wisata dunia siap dikunjungi.
Festival Ciletuh ini, untuk mengenalkan Ciletuh tidak hanya ke masyarakat Indonesia, tapi juga ke dunia internasional. Selain memperkenalkan keindahan alam, begitu banyak potensi wisata yang bisa dijual.
Ada berbagai acara yang disuguhkan kemarin seperti ekspedisi geo climb, uji coba jalur sepeda, jelajah alam geopark Ciletuh, cultural performances mulai dari tarian dan seni tradisi, Ciletuh Adventure Challenge, atraksi perahu hias, festival layang-layang hias, festival surfing internasional hingga pesta rakyat dan acara menarik lainnya.
Rangkaian kegiatan CGF 2016 ini dimulai dari pra event, main event dan pasca event. Sejak awal Agustus 2016. Dan Pada acara puncak CGF 2016 di Pantai Batu Namprak Ujung Genteng  ada berbagai Cultural Performance atau pertunjukkan budaya yang melibatkan 500 peserta.
Geobike atau aksi bersih lingkungan dengan konsep funbike, dimana 400 peserta yang berasal dari Bandung.
Setelah ke Curug Awang kita ke Panenjoan untuk makan pop mie sambil menikmati pemandangan gunung dari bukit Panenjoan, sejuk banget rasanya gamau pulang tapi apa mau dikata perjalanan Sukabumi – Jakarta itu ga singkat butuh waktu 7-8 jam buat sampai ke rumah tercinta #EdisiKangenMama. Setelah itu kita kembali ke homestay buat beberes dan repacking sebelum pulang dan lagi-lagi kita beruntung karena kita ga perlu repot mencari angkutan untuk ke lokasi mobil jurusan Sukabumi kota. Karena kita diantar oleh Pak Jaya sampai ke Pertigaan Mareleng untuk menstop Elf Sukabumi kota. Tapi menurut gue jalanan Mareleng ke Lembursitu sangat tidak recommended guys karena full goncangan dimobil yang ngebuat kita ga bisa tidur nyenyak haaaft dan akhirnya kita memang tidak tidur mau nonton film pun ga bakalan focus jadi kita putuskan untuk mendengarkan lagu melalui headset saja . Jadi kalau bisa kalian minta saran lain arah pulang selain dari Mareleng tapi kalau kalian mau coba, ya nikmati sendiri saja ya ehehe.. Singkat cerita jam 7 malem kita udah sampe bogor lagi..kita makan dulu sebelum kembali kerumah dan beli oleh-oleh dari Bogor dan akhirnya jam 23.30 kita baru sampai rumah masing-masing. Alhamdulillah..

Rinci budget yuk kira-kira berapa yaaa kalau ngeteng kaya kita berdua ini

-          KRL ke Bogor                                      Rp. 4.000
-          Angkot Ke BarangSiang                     Rp. 8.000
-          Elf L 300 Sukabumi                            Rp. 60.000
-          Ojek ke LemburSitu                           Rp. Seikhlasnya saat itu gue kasih Rp.50.000
-          Lembur Situ – Surade                        Rp. 70.000
-          Ojek ke TamanJaya                            Rp. 70.000 (kalau mau nambahin gapapa)
-          Sewa Homestay                                   Rp.150.000 (biasanya bisa sampe 250k-350k)
-          Sewa motor Sabtu                               Rp. 100.000
-          Elf L 300                                              Rp. 50.000
-          KRL                                                      Rp. 4.000

Total                                                      Rp. 805.000

Itu Budget buat berdua loh lumayan banget kan, kalau ikut open trip atau paket wisata bisa kena 750 – 850 ribu perorang. Selain menghemat uang kita juga bisa mengatur waktu kita sendiri dan lebih banyak waktu untuk berdua untuk saling bercerita, Gak kebayangkan kalau ikut open trip kita lagi cerita hal pribadi terus dikepoin dan didenger orang sebelah ehehe. Tips lagi dari gue kalau mau kesana sediain aja uang receh dan kasih ke setiap supir angkutan dengan uang pas jadi seakan-akan kita bukan orang asing buat mereka untuk menghindari tarif yang bakal ditinggikan. Liat aja biaya pulang kita rasa-rasanya sih lebih murah ehehe..

Dan masih banyak juga objek wisata yang belum sempat dikunjungi seperti Pulau Mandra, Pulau Kunti, Gunung Purba dan masih banyak lagi kayanya memang butuh waktu yang lumayan lama buat stay disana kalau mau menjelajahi objek wisata disana tapi kalau kalian Cuma punya waktu singkat objek yang kita datengin sudah cukup kok buat jadi melipur lara kebisingan Ibukota Jakata ehehe.

Kontak Pak Jaya : 085814141088
Kontak Pak Poyo: 085864718112
Kontak Nisya      : nisyazahara27@gmail.com

See u Guys di Petualangan Spektakuler kita selanjutnya, Aamiin :)